Sabtu, 08 Desember 2012

Pekan Budaya Diharapkan Lestarikan Budaya Daerah


Budaya adalah suatu hal yang dimiliki oleh setiap suku bangsa. Dengan adanya budaya maka dapat mempererat integritas suatu suku bangsa. Indonesia adalah negara multikultural, dimana di dalam negara tersebut hidup  beratus-ratus suku bangsa yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Banyaknya kebudayaan yang dimiliki tanah air kita yang beragam, juga menambah kekayaan budaya negeri ini.
Era Globalisasi seperti sekarang, menyebabkan mudahnya kebudayaan asing yang masuk dengan mudahnya. Adanya internet memudahkan kita mengakses informasi dari seluruh bagian bumi manapun. Sebagai generasi muda hendaknya kita membentengi diri kita, agar supaya tidak mudah terpengaruh dengan masuknya budaya asing. Kita harus pintar-pintar memfilter budaya yang masuk. Budaya yang baik adalah didalam budaya itu terdapat unsur-unsur yang baik dari segi moral dan etika.
Ketahanan budaya adalah sikap yang semestinya dimiliki setiap individu yang aplikasinya dalam bentuk melestarikan budaya lokal. Seperti pada contoh kasus seperti diatas Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mengadakan pekan budaya untuk melestarikan kebudayaan daerah Pasaman itu sendiri. Pekan Budaya  menampilkan sejumlah kesenian dan kebudayaan dari Kabupaten Pasaman yang ditonton langsung  masyarakat dari berbagai daerah. Tujuan dari pekan budaya ini ialah agar kebudayaan Pasaman ini dapat dikenal oleh masyarakat dan agar tidak punah sampai generasi mendatang.
Budaya Indonesia sama dengan karakteristik bangsa Indonesia. Jangan sampai kebudayaan kita dicuri dan di klaim oleh negara lain. Kita harus menjaga dengan sugguh-sungguh apa yang telah kita miliki. Nasionalisme perlu dipupuk sedari kecil, agar kelak ketika dewasa menjadi orang yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Selengkapnya
http://nasional.kompas.com/read/2012/09/04/21253139/Pekan.Budaya.Diharapkan.Lestarikan.Budaya.Daerah

0 komentar:

Posting Komentar