Sabtu, 08 Desember 2012

IMPLEMENTASI CIRI-CIRI EKONOMI KAPITALISME DI INDONESIA


1.Sebagian besar sarana produksi dan distribusi dimiliki oleh individu
Ciri- ciri ini sudah sangat banyak  di pakai  di Indonesia yaitu dengan adanya pengusaha-pengusaha dari luar negri yang membeli saham di Indonesia dan mengakibatakan semua kebijakan diambil dan pemberian peputusan dimiliki oleh satu individu, dan mengutamakan keuntungan bribadi sebanyak-banyaknya dan banyak menimbulkan nepotisme tetapi memiliki kualitas barang yang lebih baik.
Contoh-contoh perusahaan yang dimiliki individu di Indonesia yaitu PT. Holcim, PT. Wings Food, dan PT. Danone.
2. Barang dan jasa di perdagangkan dipasar bebas yang kompetitif
Dengan adanya pasar bebas yang kompetitif di Indonesia mengakibatkan mutu barang yang diproduksi semakin berkualitas dan  memunculkan banyaknya perusahaan yang ingin menjual barangnya dipasar bebas dengan harapan akan mendapatkan keuntungan dan  lokasi pasar yang semakin luas dan memiliki bannyak konsumen, tetapi di pasar bebas ini akan menimbulkan kebangkrutan ke pada perusahaan yang tidak mampu bersaing di pasar bebas. Dan di Indonesia sendiri pasar bebas sudah menjadi tempat perdagangan perusahaan-perusahaan besar.
Contohnya penjualan hand phone di Indonesia dengan berbagai merek, misalnya SAMSUNG, NOKIA, SONY ERICSSON, LG dan POLYTRON. Mereka saling bersaing dengan produk yang mereka ciptakan untuk menggaet konsumen di Indonesia. Dan mereka selalu mempunyai target penjualan, misalnya untuk hape seri tertentu memang diperuntukan untuk golongan masyarakat tertentu.

3.Modal capital diinvestasikan ke dalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba
Dengan adanya modal capital yang di investasikan ke berbagai perusahaan akan menambah dan memperkuat perusahaan untuk menghasilkan produk-produk yang semakin berkualitas dan akan menghasilkan laba yang semakin besar karena semakin banyak konsumen yang  membeli produk-produk yang di hasilkan oleh perusahaan, baik perusahaan besar atau kecil. Contohnya MIROTA, RITA PASARAYA, GIANT, dll.
Perusahaan-perusahaan ini mendapatkan modal dan membuat  cabang-cabang perusahaan di berbagai wilayah di Indonesia, dan faktanya perusahaan- peruasaan tersebut mendapan keuntungan yang luar biasa dan suskses mengembangkan perusahaannya dengan modal capital yang mereka gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar