Sabtu, 08 Desember 2012

Analisis Film Alangkah Lucunya Negeri Ini




Permasalahan sosial yang terkandung dalam film ini yaitu:
1.      Kemiskinan
Potret kemiskinan dalam film ini dapat kita lihat dari kehidupan anak jalanan yang tetap miskin meskipun sehari harinya mendapatkan uang yang jumlahnya cukup banyak, hasil mereka bekerja sebagai pencopet.
2.      Kriminalitas
Banyaknya orang miskin yang tidak mempunyai penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, menyebabkan terjadinya kriminalitas di mana-mana. Dalam film ini para pencopet cilik diorganisir untuk mencopet di beberapa tempat, yaitu komplotan pencopet yang menyamar sebagai anak SMP mencopet di Angkutan Umum, komplotan pencopet di Pasar, dan komplotan pencopet di Mall.
3.      Pengangguran
Sempitnya lapangan pekerjaan di negeri ini menyebabkan pengangguran yang sangat melimpah. Perbandingan para pencari kerja dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia tidak seimbang. Banyak lulusan sarjana yang masih bingung mencari pekerjaan. Dalam film ini seorang pemuda yang bernama Muluk adalah seorang lulusan S1 jurusan manajemen. Ia setiap hari mencari-cari pekerjaan. Namun dia tak menemukan lowongan pekerjaan satupun. Bahkan karena ia tak kunjung bekerja, tetangganya ada yang menghujatnya. Tetangganya itu berpendapat bahwa pendidikan itu tidak penting, karena melihat Muluk yang lulusan S1 saja susah mencari pekerjaan.
4.      Pendidikan yang tidak dapat dijangkau anak jalanan.
Hampir semua anak jalanan tidak mendapat pendidikan yang layak. Mereka lebih senang mengemis, mencopet atau melakukan hal-hal lain yang menghasilkan uang daripada bersekolah yang tidak menghasilkan pundi-pundi sepersenpun.

5.      Tindakan Satpol PP yang semena-mena
Dalam film ini Satpol PP menjalankan tugasnya menertibkan atau membersihkan jalan di kota dari pengemis, pengasong, gelandangan dan sebagainya. Namun faktanya di lapangan para Petugas Satpol PP kerap menangkap paksa dengan kekerasan terhadap para pengasog dan pengemis. Padahal pengasong itu sedang mencari rezeki dengan cara yang halal, daripada ia bekerja sebagai pencopet sebelumnya. Di lain pihak Satpol PP memang sudah seharusnya bertugas membersihkan jalan kota dari gelandangan dan pengemis.

0 komentar:

Posting Komentar